Friday, July 22, 2011

DEMAM KOREA

Banyak yang nanya kenapa aku suka banget ama serial-serial Korea? Hahhahaha...rasanya penting buat di tulis di blog-ku :). Pertama kali aku suka banget ama serial korea waktu masih SMA, ada serial berjudul Hotelier yang menceritakan kehidupan orang-orang yang bekerja di Hotel. Selain aku suka dengan drama korea yang diangkat dari komik seperti BBF, City Hunter, Playfull Kiss, ataupun drama yang mengangkat tentang kolosal atau sejarah, sebenarnya aku sangat suka drama korea karena mereka suka mengangkat profesi tertentu. Soalnya mereka juga suka memanggil nama dengan menyertakan gelar profesi dia di depan, misalnya kita jadi Jaksa, Dokter, Pengacara, maupun Manajer. Rasanya asyik gitu menjadikan profesi jadi bagian dari hidup kita. Jalan ceritanya juga tergambar jelas bagaimana konflik dan gejolak yang dia hadapi dalam pekerjaan sehari-harinya itu. Ini deh ku rekomendasikan 10 drama bertema profesi yang kusuka, rata-rata drama ini malah ga masuk ke TOP Drama karena yang masuk idola secara umum memang biasanya yang mengangkat soal komedi romantis dan pemainnya cakep-cakep. Cekidot:


1. 

HOTELIER
Ceritanya cuman di seputaran hotel ajah. Bagaimana kisah seorang wanita yang berprofesi sebagai Manajer bagian Kantor Depan sangat mencintai hotel dimana tempat dia bekerja. Konfliknya tentang hotel yang udah mau bangkrut dan semua pekerja tersebut berjuang mengangkat kembali hotel tersebut tetap berjaya. Kesehariannya juga menceritakan kehidupan dalam hotel, kesibukan dalam dapur, pekerja kantor depan yang lembur, manajer F&B yang nyebelin, hingga pergosipan antar pekerja room service. Drama ini udah jadul, sekitar tahun 2002 ditayangin di Indonesia. Gara-gara drama ini aku sempet pengen kuliah di perhotelan aja supaya bisa berdandan ala Song Yooh Ah....sumpeh labih banget ya gue :)



2. 

Jewel in The Palace
Kalau serial yang ini jangan dikira penggemarnya cuman K-lover aja, bokap gue aja suka :D.
Serial ini tentang Dokter perempuan pertama dalam sejarah korea. Sebelumnya Dae Jang Geum, tokoh utama dalam serial ini adalah seorang dayang istana di bagian dapur. Tapi karena pinternya dia meramu obat dan mendiagnosa penyakit, akhirnya dia terpilih sebagai dokter Raja di puncak kariernya. Ada isu-isu feminis didalamnya. Waktu ending ceritanya justru lebih keren, dia memutuskan untuk melepaskan posisi sebagai dokter raja dan keluar dari istana karena menolak menjadi selir Raja (wah hebat punya keputusan sendiri di jaman dimana perempuan tak bisa bersuara). Ketika dia menjadi rakyat biasa, justru disitu dia pertama kali mengoperasi (ketika di istana operasi masih belum boleh) seorang ibu yang melahirkan. Drama ini di rilis tahun 2003, jadul juga sih :). Menarik dehhh....


3. 

PASTA
Aku sangat suka dengan serial yang mengisahkan seseorang berjuang untuk mendapatkan impiannya. Dalam setiap adegan-adegannya dia mengalami gagal dan sukses hingga meraih impian tersebut. Salah satunya serial PASTA yang ditayangkan pada tahun 2010 kemarin. Tentang seorang chef wanita yang berjuang menjadi chef professional. Cerita menariknya ketika Head Chef-nya kemudian menjadi guru chef dan kekasih dia sekaligus. Kisah mengenai orang-orang yang bekerja disebuah restoran menengah keatas Italia bernama La Sfera. Lokasi ceritanya banyak di dapur dan meja makan tentunya. Nonton ini dijamin kenyang deh, apalagi liat hebatnya mereka memasak makanan, bagaimana mereka menganalisa sebuah rasa, mencampuraduk setiap bahan dengan pertimbangan matang, memilih bahan makanan yang berkualitas, memotong bahan makan yang tepat, dan memikirkan bagaimana masakan tetap enak meski sudah dingin sampai-sampai aku pengen nyicipin semua hidangan pasta disana..nyam nyammm....

4. 

SECRET AGENT MISS OH
Yang ini menceritakan seorang polisi wanita berpangkat rendah yang akhirnya terlibat dalam sebuah misi besar. Tipe-tipe Oh Hana ini agak konyol, dicampakkan pacarnya karena dianggap ga berguna dan cenderung ceroboh. Pokonya enggak banget deh, nasibnya juga sial terus. Sampai suatu hari  dia pengen nunjukin kalau dia bisa kerja dan mampu untuk maju. Suatu hari dia ketemu seorang agen yang kemudian jadi kekasihnya menyelesaikan investigasi terhadap kasus besar. Gimana kemampuan dia mengupas suatu kasus yang membuat polisi biasa ini menjadi dipuncak karirnya? Nonton ajah.. Dramanya di rilis tahun 2010 lalu.











5.  

Obstetrics and Gynecology Doctor
Sesuai dengan judulnya, drama ini banyak mengambil latar Rumah Sakit. Ya..kisah tentang dokter kandungan dan dokter anak dengan segala pergulatan pribadi dan profesinya. Ruang operasinya seperti beneran, aktifitas operasinya juga kayaknya beneran deh. Tiap episode mengangkat tentang berbagai penyakit kandungan dan anak. Menarik lagi setiap istilah asing selalu dijadikan catatan kaki sayangnya pake aksara korea jadi kagak ngerti :p. Serial ini memberi gambaran bagaimana pekerjaan dokter yang gak kenal waktu, kapanpun harus siap ketika dibutuhkan sehingga antara kehidupan pribadi dan pekerjaan adalah satu kesatuan, termasuk kisah cintanya. Dokter Seo Hye Young memang masih muda tapi berbakat banget, cerdas dan sudah jadi pemimpin. Drama ini juga masih baru dirilis 2010 lalu. selamat menonton buat calon dokter :)

6. 

ON AIR
Yang ini kisah 4 orang yang bekerja di sebuah stasiun TV. Empat tokoh ini punya profesi yang berbeda-beda, ada yang jadi artis, sutradara, produser dan penulis naskah. Pergulatannya mantap, buat yang pengen tau kejamnya dunia pertelevisian dan menyembah rating silahkan nonton ini. Jadi artis juga ga selamanya menyenangkan, membuat naskah film/drama ga semudah yang kita bayangkan (ga tau kalau script writer Indonesia), semuanya punya konflik sendiri, dan untuk meraih itu ada saja yang berbuat licik.

Persaingan, Harga Diri dan Cinta berputar dalam serial ini. Buat yang pengen tau dunia glamour orang-orang yang bekerja di dunia entertainment silahkan nonton serialnya yah. Buat yang pengen tau juga gimana kerja dibawah tekanan orang-orang dibalik layar, ya disini nih, padahal kita sebagai penonton cukup menikmati hasilnya dari layar kaca aja yah.Dirilis tahun 2008 lalu, agak lama juga tapi masih menarik untuk di tonton pastinya.




7. 

Prosecutor Princess
Polisi Penyidik tapi modis and cuantik, ya inilah Prosecutor Ma Hye Ri. Dia memang sangat ingin menjadi polisi penyidik yang membanggakan. Sayangnya karena dia dari keluarga kaya yang angkuh membuat dia ga dihargai temen-teman kantornya. Sampai suatu hari seorang pengacara yang jatuh hati padanya selalu membantunya dalam setiap penyidikan. Ketika menyadari betapa sombongnya Ma Hye Ri, akhirnya dia berubah, introspeksi dan serius dengan pekerjaannya. Perjuangannya mengambil kepercayaan pimpinannya bahwa dia layak menjadi seorang polisi penyidik memang terbukti. Banyak kasus yang akhirnya dia selesaikan dengan gemilang, hingga suatu hari ayah kandungnyalah yang menjadi tersangka. Wow gimana tuh? 


8. MIDAS
Ini drama paling berat yang aku tonton, pasalnya aku buta banget dengan istilah merjer, saham, akuisisi, dan dunia finansial. Cerita yang dirilis tahun 2011 ini emang murni tentang kejamnya uang yang bisa merubah perilaku orang. Permainan saham, saling tusuk dari belakang, saling buang, kekuasaan dan uang adalah inti dari jalan cerita MIDAS ini. Ada banyak istilah-istilah finansial dan saham yang sulit dipahami pasti dibuatkan catatan kaki di sisi bawah kiri layar. Tapi meski ga terlalu paham, tetep aja aku tonton karena saking penasarannya kehidupan dunia saham yang diperlukan otak-otak cerdas. Karena uang kita bisa jadi tak berhati, karena uang kita bisa jadi menjatuhkan keluarga kita, karena uang kita bisa tinggalkan orang yang kita cintai. Karena uang juga otak kita yang cerdas bisa dipakai untuk mengendalikan uang dalam dunia saham. Intriknya itu yang membuat cerita pada serial ini ga mudah ditebak. Mau tau permainan intriknya, tonton saja! Dramanya baru dirilis tahun 2011 ini kok!






9. City Hall

Ceritanya mengangkat tema politik dengan cara yang menggelitik. Cha Seung Won pemeran Jo Gook wakil walikota vs Kim Sun Ah pemeran Shin Mi Rae pegawai pemerintah. Tokoh cowok yang merupakan wakil walikota ini punya cita-cita jadi Presiden Korea Selatan. Cerita punya cerita, sang gadis ini malah jadi seorang Walikota. Saat Shin Mi Rae menjabat sebagai Walikota Inju banyak menuai pro-kontra. Disinilah perjuangan gadis itu ingin menunjukkan kemampuan dia sebagai walikota. Pesaingnya Jo Gok yang awalnya dingin terhadap Shin Mi Rae lama-lama berubah menjadi benih-benih cinta. Mereka berdua jadi orang-orang berpengaruh di kota tersebut. Konfliknya banyak, melalui proses yang panjang itupun mereka berdua akhirnya jatuh cinta deh. 

10. 

Sign
Ini drama baru yang sedang aku tonton. Belum bisa menjelaskan banyak sih. Yang pasti ceritanya tentang orang-orang ahli forensik yang menyelesaikan kasus pembunuhan. Yuk kita nonton bersama....

No comments:

Post a Comment