Tuesday, March 9, 2010

^^terjaga^^

Hujan membasahi dini hari kota kecil Palangkaraya
tiba-tiba aku terjaga oleh dingin yang menusuk pori-poriku
mataku terbuka melihat empat sudut langit-langit gelap ruangku
dan otakku tak mampu mengajak sarafnya tertidur kembali.

Setiap titik air yang jatuh tak lewat dari pendengaranku
membayangkan kehebatan kosmik di jagat raya
sungguh perjalanan yang sangat jauh
entah apa yang dilakukan matahari di balik belahan bumi sana
bahkan bulanpun tak menunjukkan
cahaya putih lembutnya
yang ada hanya awan gelap bercampur tangis hujan

Tapi bumiku terus berputar
empat jam lagi aku akan melihat sinar mentari
yang dari tahun ke tahun semakin panas
saat ini aku meringkik kedinginan
berlindung dibalik selimut
sambil berbicara pada sang Penguasa Langit Bumi

Namun aku tetap tak menutup jendela kamarku
kubiarkan angin bertingkah
memaksa masuk mendorong tirai
karena aku ingin mendengar suara alam berbicara dari luar
malam begitu sepi,
sesekali suara gonggong anjing memecah dibalik rintik gerimis
yang mulai kehabisan air langit

kini tak ada suara apapun lagi
begitu tenang
dan mataku terkantuk kembali
mimpi membawaku ke dunia lain

Terima kasih Tuhan, pagi bawalah aku bekerja dengan senyum
dan memberi gembira bagi orang-orang di sekelilingku...

Palangkaraya, Borneo.

No comments:

Post a Comment